Pengertian Tentang Ban Mobil



PENGERTIAN BAN - Ban adalah piranti yang menutupi velg (pelek) sebuahroda. piranti ini adalah tahap penting dari kendaraan darat, sebab berhubungan (bersentuhan) langsung dengan permukaan jalan.


manfaat dari ban antara lain :


  • menopang seluruh berat kendaraan,
  • mengurangi getaran yang di sebabkan oleh ketidak teraturan permukaan jalan,
  • melindungi roda dari aus dan kerusakan
  • memberbagi kesetabilan antara kendaraan dan tanah supaya menambah kecepatan,
  • memudahkan gerakan.


ban yang adaSekarang  tak sedikit diproduksi dari karet sintetik, meskipun bisa pula memakai bahan lain semacam baja. munculnya ban diawali dari penemuan charles goodyear pada tahun 1839, yaitu teknik vulkanisasi karet alias karet tahan api. kemudian pada tahun 1845, thomson dan dunlop menciptakan ban yang disebut ban berongga atau udara. tentu dengan adanya perkembangan teknologi, charles kington welch pun menemukan ban dalam. adapun ban luar ditemukan oleh seseorang yang bernama william erskine bartlett.

kendaraan berlangsung di atas ban yang terisi udara. tekanan udara di dalam ban bisa diukur dengan alat pengukur tekanan udara (air pressure). berdasarkan pada tekanan udara, ban bisa digolongkan menjadi ban bertekanan tinggi (high pressure), ban tekanan rendah (balloon tire), dan ekstra ban tekanan rendah (extra low pressure).

ban tekanan tinggi mempunyai tekanan udara 4,22kg/cm2 hingga dengan 6,32kg/cm2 (60 -90 psi). ban tersebut dibekali dengan case yang tebal untuk menahan beban berat.

ban dengan tekanan rendah mempunyai tekanan udara 2,10 hingga dengan 2,53kg/cm2 (30 - 36 psi), luas penampangnya kira kira dua kali lebih besar dari ban tekanan tinggi, luas permukaan yang bersinggungan dengan jalan lebih besar. Sebab volume udara lebih besar dan tekanannya rendah, maka efek empuknya lebih baik.

Ban tekanan ekstra rendah memiliku tekanan udara 1,00 hingga 2,10kg/cm2 (14 - 30 psi) dan dipakai khususnya pada mobil penumpang.

KONSTRUKSI BAN


Ban pompa (pneumatic) itu terdiri atas ban luar dan ban dalam.


a. Telapak ban (tread)


Tread adalah tahap karet paling tebal dari ban luar yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan. Tread terbuat dari karet empuk dan mempunyai daya tahan tinggi kepada kejutan. Dengan demikian manfaat tread yaitu untuk melindungi ban dari benturan, tusukan objek dari luar yang bisa merusak ban. Beberapa macam bentuk dibangun di tahap luar permukaan ban untuk mencegah selip. Umpama , dengan membikin tak sedikit pola semacam pattern

b. Carcass


Carcass adalah rangka dari bam luar. Carcass iniharus bisa tahan kepada tekanan tinggi dan deformasi yang dikarenakan adanya perubahan beban dan tumbukan tumbukan. Carcass terbuat dari lapisan lapisan sutera alias nilon silang menyilang dan membentuk sebuah selimut dengan karet yang tahan panas.


c. Breaker


Breaker adalah karet lembut yang melengkapi tahap dalam tread. Breaker dan belt adalah tahap lapisan benang (pada ban biasa terbuat dari tekstil, sedangkan pada ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan di antara tread dan casing. Manfaatnya untuk melindungi dan meredam kejutan kejutan dari luar/benturan yang terjadi pada tread, supaya tak langsung diserap oleh casing.

d. Bead


Bead adalah tahap yang dipasangkan alias direkatkan pada rim pelek. Beberapa buah kawat (bundelan kawat) yang lumayan kokoh disebut bead wires dipasangkan di tahap bead. Pada setiap teman dilapsi dengan karet (semi hard rubber)..

e. Sidewall


Sidewall adalah lapisan karet yang menutupi tahap samping ban dan melindungi carcass kepada kerusakkan dari luar. Sebagian ban yang terbesar dan paling fleksibel, sidewall dengan cara semakin menerus melentur di bawah beban yang dipikulnya selagi berlangsung. Pada sidewall tercantum nama pembuat, ukuran ban, beserta info lainnya.

f. Ban dalam (tube)


Ban dalam yang adalah kantong udara berbentuk donat. Ban dalam ini terbuat dari karet yang bisa menyimpan udara tanpa kebocoran, mempunyai daya elastik yang tinggi, dan tahan kepada panas.

g. Katup udara


Katup udara (air valve) adalah celah untuk memasukkan udara ke dalam ban dalam. Pentil (valve cover) dipasangkan pada katup udara, yang tak memungkinkan udara bisa keluar

h. Casing


Casing adalah lapisan pembentuk ban dan adalah rangka dari ban yang menampung udara bertekanan supaya bisa menyangga ban.

.
.

Sekian dari kami semoga apa yang kamiberikan kepada anda bermanfaat bagi anda dan jangan lupa juga kunjungi artikel kami  kami yang lain yang ada DI SINI.

0 Comments

Posting Komentar