Pengetahuan Dasar Tentang Dunia Otomotif


Dasar-dasar tentang Otomotif


Kita ketahui bersama bahwa roda-roda kendaraan memerlukan adanya tenaga luar yang memungkinkan kendaraan bisa bergerak dan bisa menanggulangi segala kondisi dalam perjalanan. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesin.  Mesin adalah alat yang bisa mengubah tenaga air, panas, listips, uap, tenaga atom, dsb menjadi tenaga mekanik.

klasifikasi motor bakar


Mesin yang mengubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik disebut motor bakar (thermal engine), motor bakar bisa dikelompokkan menjadi berbagai klasifikasi.

Sebagian besar tipe kendaraan yang tidak sedikit kami jumpai tergolong dalam klasifikasi motor pembakaran dalam (internal combustion engine) dengan mesin bensin dan mesin diesel. Kedua tipe motor ini mempunyai karakteristik yang tidak sama.

Cirimesin bensin: – kecepatannya tinggi dan tenaganya besar, gampang pengoperasiannya, pembakarannya sempurna, umumnya dipakai untuk mobil penumpang dan truk yang kecil dsb.
karakteristik mesin diesel: – Efisiensi panasnya tinggi, bahan bakar hemat, kecepatannya lebih rendah dibanding mesin bensin, getarannya besar dan agak berisik, harga lebih mahal, umumnya dipakai untuk kendaraan jarak jauh (kendaraan niaga, truk besar dsb.)
Mesin Bensin

Mesin bensin dikelompokkan menjadi 2 tipe mesin yaitu mesin/motor 2 tidak dan mesin/motor 4 tak.

langkah kerja motor 4 tak


Motor 4 tidak adalah motor dimana dalam menyelesaikan 1 sklus pembakaran memerlukan 4 kali langkah torak dengan 2 kali putaran poros engkol.

Langkah hisap:


Katup masuk terbuka, katub buang tertutup, torak bergerak dari TMA ke TMB, dampak gerakan torak memunculkan kevakuman di dalam silinder jadi campuran bahan bakar dan udara terhisap masuk ke ruang silinder.

Langkah Kompresi:


Katup masuk dan katup buang tertutup, torak bergerak dari TMB ke TMA, dampak gerakan torak terjadi penekanan alias kompresi campuran bahan bakar dan udara jadi temperatur di dalam ruang bakar akan meningkat, sesaat sebelum torak mencapai TMA busi memercikkan bunga api.

Langkah Usaha;


Katup masuk dan katup buang tertutup, dampak percikan bunga api busi terjadi ledakan pembakaran yang memunculkan tekanan yang menyebabkan torak bergerak dari TMA ke TMB, bergeraknya torak ke TMB meneruskan tenaga penekanan ke poros engkol.

Langkah Buang:


Katup masuk tertutup, katup buang terbuka, torak bergerak dari TMB ke TMA, dampak gerakan torak gas sisa pembakaran terdorong ke luar melewati exhouse manifol.


langkah kerja motor 2 tak


Motor 2 tidak adalah motor dimana dalam menyelesaikan 1 sklus pembakaran memerlukan 2 kali langkah torak dengan 1 kali putaran poros engkol.

Saat torak bergerak dari TMB ke TMA: – di bawah torak terjadi penghisapan campuran bahan bakar dan udara dari karburator, diatas torak terjadi kompresi jadi temperatur meningkat sesaat sebelum torak hingga TMA busi memercikkan bunga api.
Saat torak bergerak dari TMA ke TMB: – di atas torak terjadi usaha dampak terjadinya ledakan pembakaran yang disemakinkan ke poros engkol, saluran buang terbuka jadi gas sisa pembakaran keluar, rongga bilas terbuka jadi gas baru masuk ke ruang bakar. di bawah torak saluran masuk tertutup dampak gerakan torak dari TMA ke TMA terjadi kompresi bawah yang mendorong campuran bahan bakar dan udara naik ke ruang bakar melewati rongga bilas.

Klasifikasi Motor Bakar    

   Motor Pembakaran Luar                   
(external combustion engine)   
  • Mesin nuklir turbin
  • Mesin nuklir
  • Mesin uap
  • Mesin turbin uap

Motor Bakar    

 Motor Pembakaran dalam                 
 (internal combustion engine)

  • Mesin bensin
  • Mesin disel
  • Mesin gas turbin
  • Mesin roket
  • Mesin jet  
  • Mesin gas                                       
.
.

Sekian dari kami kalo ada kesalahan kami mohon maaf yang sebesar besarnya dan jangan lupa juga kalian kunjungi artikel kam yang lain yang ada DI SINI.

0 Comments

Posting Komentar